CSR IPC Car Terminal - Rangkul Warga

PT Indonesia Kendaraan Terminal


CSR PT Indonesia Kendaraan Terminal

(IKT Merangkul Lewat CSRnya)

Sebagai anak perusahaan BUMN yang terus menyiapkan dirinya tumbuh dan berkembang dengan pelayanan berstandar internasional, peran serta dan dukungan stakedolders, masyarakat dan pemangku kepentingan di lingkungan PT IKT sungguh tak dapat dilepaskan. Bersinergi dalam kebersamaan menuju cita-cita Indonesia yang maju khususnya pada bidang logistik dan Supply Chain di tanah air tercinta.

Untuk itulah kami perlu sentuhan sense dan message dalam membangun hubungan baik yang fungsional dan estetis agar cahaya positif dan kebaikan itu memancar ke seluruh nusantara dan penjuru dunia.

CSR adalah jalan bagi IKT untuk mewujudkan langkah baik itu. Tanggung jawab social pada masyarakat dan lingkungan senantiasa harus berjalan dan berkembang. Lebih jauh akan membuat peran dalam diri kita bermanfaat pada sesame. Terpenting dari semua itu, CSR adalah cara merangkul kdalam berkebaikan bagi sesame, bangsa dan alam semesta.

Inilah bentuk darma bakti kami kepada Ibu Pertiwi

Bangga Berkarya. Bangga Indonesia


TEMA CSR IKT

Tema CSR di PT IKT adalah RANGKUL WARGA.

Dua kata tersebut mengandung makna filosofis dan psikologis yang diterjemahkan sebagai upaya korporasi dalam menjaga hubungan baik dengan masyarakat sekitar yang terdapat pembelajaran/edukasi dalam penyalurannya.


Inilah bagian dari keikutsertaan IKT dalam memelihara hubungan baik dan bentuk kepedulian sosial dengan masyarakat di lingkungan sekitar IPC Car Terminal sekaligus menjaga stabilitas sinergi dalam hubungan bisnis yang dijalankan, PT Indonesia Kendaraan Terminal senantiasa berkewajiban untuk menjaga harmonisasi tersebut melalui program kerja CSR yang juga merupakan tanggung jawab sosial dan lingkungan kepada masyarakat sekitar. Tema yang diambil dalam kegiatan CSR di PT IKT tersebut bernama RANGKUL WARGA. Dimana dua kata tersebut mengandung makna filosofis dan psikologis yang diterjemahkan sebagai upaya korporasi dalam menjaga hubungan baik dengan masyarakat sekitar.

Rangkul Warga adalah simbol kebersamaan dalam hubungan interpersonal antara perusahaan dan masyarakat sekitar. Membangun kebersamaan, mewujudkan keberpihakan korporat dan memberi kontribusi nyata dalam hubungan sosial kepada masyarakat yang pada akhirnya ikut mendukung program pemerintah untuk membantu dan memberdayakan masyarakat Indonesia secara umum.

Konsep Rangkul Warga dalam program kerja CSR di PT IKT dimaksudkan sebagai penajaman dari program CSR yang sudah berjalan sebelumnya. Sementara untuk pola distribusi bantuan, pembinaan, dan dukungan yang dilakukan, Rangkul Warga terdiri dari 4 segmen distribusi yaitu:

  1. 1. Education & Religion
  2. 2. Sport, Art & Culture
  3. 3. Youth & Entrepreneurship
  4. 4. Health, Social & Environment

Dasar Hukum CSR

  • Pasal 74 Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas (UUPT) dan Peraturan Pemerintah No. 47 Tahun 2012 Tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.
  • Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas pasal 74.
  • Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal pasal 15, 17 & 34.
  • Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 Tentang Badan Usaha Milik Negara.
  • PERMEN Nomor PER-08/MBU/2013 tentang Perubahan Keempat atas Peraturan Menteri BUMN No. PER-05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan BUMN dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan tanggal 10 September 2013.
  • PERMEN Nomor PER-09/MBU/07/2015 tentang Program Kemitraan dan Bina Lingkungan BUMN tanggal 22 Mei 2015.
  • Surat Keputusan Direksi PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Nomor HK.568 /8/5/1/PI.II-17 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Kemitraan, Program Bina Lingkungan dan Corporate Social Responsibility (CSR) Di Lingkungan PT PELABUHAN INDONESIA II (PERSERO) .

ARAH KEBIJAKAN CSR PT IKT

  1. 1. Sebagai bagian dari program kerja sosial dan keikutsertaan dalam memelihara hubungan baik dengan masyarakat.
  2. 2. Bentuk kepedulian sosial dengan masyarakat di lingkungan sekitar IPC Car Terminal.
  3. 3. Kewajiban untuk menjaga harmonisasi dan stabilitas hubungan bisnis yang dijalankan PT Indonesia Kendaraan Terminal dengan masyarakat melalui program kerja CSR
  4. 4. Membuat program CSR yang sistematis, komprehensif, sustainable dan tepat sasaran serta menjadi model/inspirasi program CSR instansi lainnya.