Siaran Pers

Februari 28, 2024

TRANSFORMASI & DIGITALISASI JADI KUNCI IPCC MENGARUNGI 2024

Jakarta, 28 Februari 2024 – Berada dalam kondisi perekonomian yang dinamis serta lingkungan bisnis yang serba cepat mengikuti tren teknologi saat ini, digitalisasi menjadi hal fundamental bagi keberhasilan setiap perusahaan dan hal ini tentunya menjadi semangat bagi IPCC. 

Sebagai perwujudan inisiatif strategis pasca merger Pelindo, IPCC fokus menerapkan digitalisasi berbagai lini layanan diantaranya pada sisi back office, operasional dan customer experience. 

Untuk pengelolaan back office di lingkungan Pelindo Group, IPCC telah mengintegrasikan sistem ERP yang sebelumnya menggunakan Oracle menjadi SAP. Hal ini memberikan manfaat bagi IPCC dalam mendapatkan informasi data secara realtime dan akurat, keamanan data yang sangat terjamin serta update segala fitur di dalam aplikasi yang sangat memudahkan dan mempercepat proses administrasi serta lebih user friendly bagi pengelola administrator. 

Dari sisi operasional, IPCC akan mengimplementasikan sistem operasi terintegrasi bernama PTOS-C yang merupakan karya serta wujud kolaborasi sinergis antara SPMT Group dengan ILCS sebagai IT Solution Provider di lingkungan Pelindo Group. PTOS-C sebagai tools untuk mengelola kinerja operasional khususnya pada terminal kendaraan di lingkungan Pelindo Group yang diharapkan mampu meningkatkan trafik kendaraan serta mengefisienkan proses operasi. Aplikasi ini ditargetkan akan mulai diujicoba pada Semester II tahun 2024. 

Dari sisi fokus terhadap kenyamanan pelanggan, baru-baru ini IPCC mengimplementasikan sistem pembayaran baru yaitu sistem Billing Praya. Billing Praya adalah aplikasi untuk menangani aktivitas permintaan layanan, pembayaran dan nota pada pelayanan kapal, petikemas, dan non petikemas yang terintegrasi dengan sistem operasi dan sistem perbankan.

Direktur Operasi dan Teknik, Bagus Dwipoyono menjelaskan, “Keuntungan bagi customer IPCC dengan adanya penggantian sistem pembuatan pranota ini salah satunya karena sistem ini terintegrasi dengan CCS Portal dimana para customer bisa mengakses secara mandiri atas invoice kegiatannya tanpa menunggu email dari tim Keuangan IPCC.”

 “Sejak tahun lalu memang kita sudah punya rencana matang akan pembaharuan sistem digitalisasi di IPCC ini agar semua aktifitas administrasi yang ada di seluruh wilayah kerja IPCC menjadi sangat mudah, ini juga bisa jadi suatu keuntungan bagi para customer setia IPCC serta potensial customer karena dengan adanya sistem ini seluruh urusan pembayaran operasional mereka jadi cepat, tepat, akurat dan realtime,” jelas Bagus.

“Diharapkan nantinya dengan sistem pembayaran baru ini teman-teman dari tim administrator IPCC dapat mempercepat segala urusan yang terkait dengan pembayaran, sehingga memberikan kenyamanan dan kepercayaan bagi pengguna jasa IPCC,” pungkas Bagus.

Selain itu, IPCC saat ini juga sedang melakukan beberapa peningkatan layanan melalui kanal-kanal digital untuk mempermudah serta meningkatkan kinerja SDM internal yang diharapkan dapat mendorong peningkatan efisiensi dalam hal pelayanan kepada customer.

Beyond The Gate

IPCC, Leading to be The World Class Car Terminal Ecosystem

#IPCC

#IPCCTerminalKendaraan

#IPCCBeyondTheGate

#PelindoGroup

#IndonesiaMaritimeGateway

<< KEMBALI KE BERITA LAINNYA